Friday, March 23, 2012


PANDUAN PENGAJIAN MENJELANG PERNIKAHAN










Calon mempelai wanita
............  binti .............

dengan

Calon mempelai pria
............ bin ..............






Tempat diadakannya pengajian
................................................ 





Jakarta, ....................................




SUSUNAN  ACARA

1. Pembukaan
2. Sambutan Shahibul Hajat  
3. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
                - Surat An Nisa (ayat 1)
                - Surat Ar-Ruum (ayat 21 dan 22)
4. Pembacaan Sari tilawah
5. Pengajian Bersama
                a. Doa Awwal Majlis
                b. Asmaa-ul Husnaa dan do’a
                c. Tawasul / Hadiyyah
                d. Pembacaan Surat Ar-Rahman
                e. Siraman Rohani
                f. Ungkapan    :
                    - Ya Robbana Ya Dzal Kiroom
                    - Ungkapan Anak kepada Orang Tua
                      (Illahi Lastu / I’Tiraaf)
                      Ungkapan Orang Tua pada Anak
                      (Ya Robbana - Amin-amin)
6. Mempelai dan Orang Tua bersalaman pada para Hadirin
    (dengan diiringi Istiqfar-Robbal baroya) dilanjutkan I’Tiraaf.
7. Do’a penutup   
8. Sholawat
9. Selesai

3
3
5
5
6

7
7
11
17
28
46
47

SURAT AN-NISA AYAT 1
Yaa ayyuhannaasuttaquu robbakumulladzii kholaqokum minnafsin waahidatin wakholaqo minhaa zawjahaa wabatstsa minhumaa rijaalan katsiiron wanisaa-a. Wattaqulloohalladzii tasaa aluuna bihii wal arhaama. Innallooha kaana 'alaykum roqiibaa.

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki — laki dan perempuan yang  banyak.

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.


SURAT AR-RUM AYAT 21 DAN 22

Wa min aayaatihii ankholaqolakum min anfusikum azwaajallitaskunuu ilayhaa, waja'ala baynakum mawaddataw­warohmah. Inna fiidzaalika la-aayaatilliqawmiy-yatafakkaruun. Wa min aayaatihii kholqussamaawaati walardhi wakhtilaafu alsinatikum wa-alwaanikum. Inna fii dzaalika la-aayaatil­lil'aalimiin.

Dan di antara tanda – tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri – isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda – tanda bagi kaum yang berfikir.

Dan di antara tanda – tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain – lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda – tanda bagi orang – orang yang mengetahui.


DO’A AWWAL MAJLIS


A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim, Bismillaahir­rohmaanir-rohiim, alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin, washsholaatu wassalaamu 'alaa asyrofil anbiyaa-i walmursaliin, wa'alaa aalihii washohbihii ajma'iin.

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah seru sekalian alam. Sholawat dan salam bagi sebaik-baik utusan Allah beserta keluarganya dan sahabatnya.

Alloohummaftah 'alaynaa hikmataka wansyur 'alaynaa min khozaaini rohmatika yaa arhamar-roohimiin.

Ya Allah, anugerahkan bagi kami hikmah dari-Mu dan limpahkan rahmat-Mu kepada kami, wahai yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Alloohummaj'al-ijtimaa'anaa ijtimaa 'am-marhuu maa, watafarruqonaa mim ba'dihii tafarruqomma 'shuu-maa.

Ya Allah, jadikanlah berkumpulnya kami di sini ada dalam limpahan rahmat-Mu dan jadikanlah ber-pisahnya di antara kami nanti senantiasa ada dalam lindungan-Mu.

Alloohumma anta Robbi laa ilaaha illaa anta kholaq tanii, wa ana 'abduka wa ana 'alaa 'ahdika wawa'dika mastatho'tu, a'uudzubika minsyarri maa shona'tu, abuu-ulaka bini'matika 'alayya, wa abuu­-u bidzambii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.

Ya Allah, Engkaulah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau.
Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu dan aku bersedia memenuhi perjanjian terhadap-Mu dengan segala kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang telah aku perbuat. Dan aku akan kembali kepada-Mu dengan nikmat yang Engkau curahkan kepadaku, tetapi aku juga akan kembali kepada-Mu dengan penuh dosa, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang akan mengampuni dosa selain Engkau.

Astaghfirullohal 'azhiim (3x) lanaa waliwaalidaynaa walijamii'il mu'miniina wal mu'minaat, wal muslimiina wal muslimaat, al ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii'un qoriibum mujiibud­da'awaat, yaa Robbal 'aalamiin.

Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung atas dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa kaum muslimin dan muslimat baik yang masih hidup maupun yang telah wafat Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, Maha Dekat dan sebagai Dzat yang mengabulkan segala do'a, wahai Pengurus Semesta Alam.

Asyhadu allaa ilaaha illallooh, wa asyhadu anna Muhammadarrosuulullooh.

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah utusan Allah.

Alloohumma sholli 'ala sayyidinaa Muhammadiw-wa'ala aalihii wa shohbihii wasallim.

Ya Allah limpahkanlah keselamatan dan kesejahteraan bagi pemimpin kami, Nabi Muhammad beserta seluruh keluarga dan sahabatnya.

Subhaanalloohi wal hamdu lillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohu akbar, walaa hawla walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiim.

Maha Suci Allah dan segala puji hanya milik Allah. Tiada Tuhan selain Allah, Dia-lah Allah yang Maha Besar. Tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Dzat Yang Maha Luhur dan Maha Agung.


ASMAA-UL HUSNAA DAN DO'A

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Yaa Alloohu Yaa Rohmaanu Yaa Rohiim Yaa Maliku Yaa Qudduusu Yaa Salaam Yaa Mu'minu Yaa Muhayminu Yaa 'Aziizu Yaa Jabbaar Yaa Mutakabbir.

Ya Allah, Ya Dzat Maha Pengasih, Ya Dzat Maha Penyayang, Ya Dzat Maha Penguasa, Ya Dzat Yang Maha Suci, Ya Dzat Pemilik Keselamatan, Ya Dzat Pemelihara, Ya Dzat Yang Maha Mulia, Ya Dzat Yang Maha Perkasa, Ya Dzat Pemilik Kebesaran.

Yaa Khooliqu Yaa Baari-u Yaa Mushowwiru Yaa Ghoffaaru Yaa Qohhaar,, Yaa Wahhaabu Yaa Rozzaaku Yaa Fattaahu Yaa 'Aliim, Yaa Qoobidhu Yaa., Baasithu Yaa Khoofidhu Yaa Roofi', Yaa Mu'izzu Yaa Mudzillu Yaa Samii'u Yaa Bashiir.

Ya Dzat Maha Pencipta, Ya Dzat Yang Terpercaya, Ya Dzat Maha Pembentuk, Ya Dzat Pengampun Dosa, Ya Dzat Maha Perkasa, Ya Dzat Maha Pemberi, Ya Dzat Pelimpah Rizki, Ya Dzat Pembuka Hati,

Ya Dzat Yang Maha Tahu, Ya Dzat Yang Menyempitkan, Ya Dzat Yang Melapangkan, Ya Dzat Yang Merendahkan, Ya Dzat Yang Meninggikan, Ya Dzat Yang Mendengar, Ya Dzat Yang Maha Melihat.

Yaa Hakamu Yaa 'Adlu Yaa Lathiifu Yaa Khobiir Yaa Haliimu Yaa 'Azhiimu Yaa Ghofuuru Yaa Syakuur Yaa 'Aliyyu Yaa Kabiiru Yaa Hafiizhu Yaa Muqiitu Yaa Hasiib Yaa Jaliilu Yaa Kariimu Yaa Roqiibu Yaa Mujib.

Ya Dzat Yang Menetapkan Hukuman, Ya Dzat Yang Maha Adil, Ya Dzat Yang Maha Lembut, Ya Dzat Yang Maha Teliti, Ya Dzat Yang Maha Rahmah, Ya Dzat Yang Maha Mulia, Ya Dzat Yang Maha Pengampun, Ya Dzat Yang Maha Menerima Syukur, Ya Dzat Yang Maha Luhur, Ya Dzat Yang Maha Besar, Ya dzat Yang Maha Menjaga, Ya Dzat Yang Maha Pemelihara, Ya Dzat Yang Maha Menghitung Amal, Ya Dzat Yang Maha Agung, Ya Dzat Yang Maha Mulia, Ya Dzat Yang Maha Mengawasi, Ya Dzat Yang Maha Mengabulkan Do'a.

Yaa Waasi'tu Yaa Hakiimu Yaa Waduud Yaa Majiidu Yaa Baa'itsu Yaa Syahiid.

Ya Dzat Yang Maha Luas, Ya Dzat Yang Maha Bijaksana, Ya Dzat Yang Maha Mencintai, Ya Dzat Yang Maha Luhur, Ya Dzat Yang Maha Membangkitkan, Ya Dzat Yang Maha Menyaksikan.

Yaa Haqqu Yaa Wakiilu Yaa Qowiyyu Yaa Matiin, Yaa Waliyyu Yaa Hamiidu Yaa Muhshii Yaa Mubdi-u Yaa Mu’iid, Yaa Muhyii Yaa Mumiitu Yaa Hayyu Yaa Qoyyuum, Yaa Waajidu Yaa Maajidu Yaa Waahidu Yaa Ahadu Yaa Shomad.

Ya Dzat Yang Maha Benar, Ya Dzat Yang Maha Pemelihara, Ya Dzat Yang Maha Kuat, Ya Dzat Yang Maha Kokoh, Ya Dzat Yang Maha Pelindung, Ya Dzat Yang Maha Terpuji, Ya Dzat Yang Maha Mengetahui, Ya Dzat Yang Maha Memulai, Ya Dzat Yang Maha Memulihkan, Ya Dzat Yang Maha Menghidupkan, Ya Dzat Yang Maha Mematikan, Ya Qzat Yang Maha Hidup, Ya Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Ya Dzat Yang Maha Kaya, Ya Dzat Yang Maha Mulia, Ya Dzat Yang Maha Tunggal, Ya Dzat Yang Maha Esa, Ya Dzat Yang Maha Dibutuhkan.

Yaa Qoodiru Yaa Muqtadiru Yaa Muqoddimu Yaa Muakhkhiru Yaa Awwalu Yaa Aakhir, Yaa Zhoohiru Yaa Baathinu Yaa Waalii Yaa Muta'aalii, Yaa Barru Yaa Tawwabu Yaa Muntaqimu Yaa 'Afuwwu Yaa Ro-uuf.

Ya Dzat Yang Maha Kuasa, Ya Dzat Yang Maha Berkuasa, Ya Dzat Yang Maha Mendahulukan, Ya Dzat Yang Maha Mengakhirkan, Ya Dzat Yang Maha Permulaan, Ya Dzat Yang Maha Akhir, Ya Dzat Yang Maha Nyata, Ya Dzat Yang Maha Ghaib, Ya Dzat Yang Maha Penguasa, Ya Dzat Yang Maha Tinggi, Ya Dzat Yang Maha Dermawan, Ya Dzat Yang Maha Penerima Taubat, Ya Dzat Yang Maha Penyiksa (kepada orang dzalim), Ya Dzat Yang Maha Pemaaf, Ya Dzat Yang Maha Pengasih.

Yaa Malikalmulki Yaa Dzal Jalaali Wal ikroom Yaa Muqsi thu Yaa Jaami'u Yaa Ghoniyyu Yaa Mughnii, Yaa Maani'u Yaa Dhoorru Yaa Naafi-u Yaa Nuur.

Ya Dzat Yang Maha Berdaulat, Ya Dzat Yang Maha Memiliki, Ya Dzat Yang Maha Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, Ya Dzat Yang Maha Adil, Ya Dzat Yang Maha Mengumpulkan, Ya Dzat Yang Maha Kaya, Ya Dzat Yang Maha mencukupi, Ya dzat Yang Maha Mencegah, Ya Dzat Yang Maha Penghukum, Ya Dzat Yang Maha Memberi Manfaat, Ya Dzat Yang Maha Bercahaya.

Yaa Haadii Yaa Badii'u Yaa Baaqii Yaa Waaritsu Yaa Rosyiidu Yaa Shobuur.

Ya Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk, Ya Dzat Yang Maha Pencipta, Ya Dzat Yang Maha Kekal, Ya Dzat Yang Maha Pewaris, Ya Dzat Yang Maha Pandai, Ya Dzat Yang Maha Sabar.

Nas-aluka bismikal a'zhom, wabikullismin huwa lak, sam-maita bihii nafsak, aw anzaltahuu fii kitaabik, aw 'allamtahuu ahadam minkholqik, aw ista'tsarta bihii fii 'ilmil ghoybi 'indak' an taj'alal qur-aanal 'azhiima robii'a quluu-binaa, wanuuro bashoorina, wajalaa-a huzninaa, wa dzahaaba hammina wa ghom-minaa, wa antaqdhiya haajaatinaa .... (sebut keinginan yang dimaksud). Washollalloohu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw-wa'alaa aalihii washohbihii wasallam, walhamdu lillaahi robbil ' aalamiin.

Ya Allah, Kami mohon kepada-Mu dengan menyebut Nama-Mu yang Agung dan dengannya Engkau namakan diri-Mu atau Engkau turunkan Nama itu dalam Kitab-Mu atau Engkau anugerahkan ia melalui seorang hamba-Mu, atau Engkau rahasiakan ia dalam ghaib-Mu, Ya Allah, aku bermohon kiranya Engkau jadikan Al-Quran Mulia ini penyejuk hati kami, cahaya mata kami, penyingkap kegelisahan kami, dan pengusir kesedihan dan kesusahan kami, serta kabulkanlah permohonan kami ini .... (sebutkan sesuai yang dimaksud). Dan semoga salam sejahtera senantiasa terlimpah atas junjungan kami Nabi Muhammad serta seluruh keluarga dan sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah Pemelihara alam semesta.


TAWASUL / HADIYYAH

Illaa hadrotin-nabiyyil musthofaa Rosuulillaahi shollalloohu 'alayhi wasallam, wa waalidayhi wa-azwaajihii wa dzurriyyaatihii wa qorobaatihii wa ash-haabihii wat-taabi-'iina wataabi-'ittaabi-'iin.

Kami kirimkan pahala bacaan do'a kami ke hadirat Nabi pilihan utusan Allah, Nabi Muhammad (semoga salam sejahtera tercurah kepadanya), juga kepada kedua orang tuanya, kepada istri — istrinya, kepada kerabatnya, para sahabat dan para pengikutnya juga para pengikut dari generasi sesudahnya.

Wa ilaa arwaahi jamii'i awliyaa-illaahi minal masyriqi ilal maghrib, khushuushon sayyidinasy-syekh Abdul Qoodiril Jailaanii qoddasalloohu ruuhahuu wa ahlah.

Dan kepada semua arwah para Waliyulloh dari belahan Timur hingga belahan Barat, khususnya kepada Syekh Abdul Qodir Jailani, semoga Allah SWT selalu menyucikan arwahnya beserta segenap keluarganya.

Wa ilaa arwaahi jamii-il mu'miniina wal mu'minaat, wal muslimiina wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat, khushuushon aabaa-inaa wa ummahaatinaa wa mahwinaa wa mahwatinaa, wa ajdaadinaa wajaddaatinaa waikhwaaninaa waa akhowaatinaa, wa a'maaminaa wa 'ammaatinaa wa akhwaalinaa wa khoolaatinaa, wa az-waajinaa wa qorobaatinaa wa asaatidzatinaa wa mu'al-limiinaa walimay-yuhibbunaa wa ya'rifunaa minal muslimin. Wakhushuushon ilaa ruuhi. . .

Dan kepada para arwah orang – orang yang beriman dan beragama Islam baik laki – laki maupun perempuan, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Khususnya bapak kami, ibu kami, bapak dan ibu mertua kami, nenek dan kakek kami, saudara – saudara kami, paman dan bibi kami dari pihak ayah maupun dari pihak ibu, para suami kami, kerabat kami, guru – guru kami, dan kepada siapa saja yang menyayangi kami serta yang mengenal kepada kami sesama muslim. Khususnya bagi almarhum / almarhumah ... (sebutkan namanya).
Alloohummaghfirlanaa walahumul faatihah ...

Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa mereka.

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.

Alhamdu lillahi Robbil 'aalamiin. Arrohmaanir-rohiim. Maaliki yawmiddiin. lyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash­shiroothol mustaqiim. Shirootholladziina an'amta 'alayhim, ghoiril maghdhuubi ' alayhim waladhdhoolliin. Aamiin.

Robbighfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memelihara alam dan seisinya, yaitu Allah, Dzat Yang Maha Menguasai di Hari Kiamat, oleh karenanya, kepada-Mu kami beribadah dan kepada-Mu kami memohon pertolongan. Tunjukanlah kami kepada jalan lurus, yaitu jalan orang – orang yang telah diberi nikmat, bukan jalan orang – orang yang dimurkai dan disesatkan. Semoga Engkau kabulkan do'a kami.

Ampunilah dosaku serta dosa kedua orang tuaku, kasihanilah keduanya sebagaimana mereka telah mengasihiku sewaktu kecil.

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.
Qul huwalloohu ahad. Alloohushshomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakullahuu kufuwan ahad. 3 X
Laa-ilaaha illalloohu walloohu akbar, walillaahil hamd.

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Katakanlah : "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dia tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar dan segala puji bagi­Nya.

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.
QuI a'uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wamin syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wamin syarrin-naffaatsaati fil 'uqod. Wamin syarri haasidin idzaa hasad.
Laa-ilaaha illalloohu walloohu akbar, walillaahil hamd.

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Katakanlah : “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita – wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul – buhul, dan dari kejahatan  orang yang dengki apabila ia dengki"
Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar dan segala puji bagi­Nya.

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.
Qul a'uudzu birobbinnaas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Min-syarril was-waasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurinnaas. Minal jinnati wannaas.
Laa-ilaaha illalloohu walloohu akbar, walillaahil hamd.

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Katakanlah : "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia”.
Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar dan segala puji bagi­Nya.

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.
Alhamdu lillahi Robbil 'aalamiin. Arrohmaanir-rohiim. Maaliki yawmiddiin. lyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash­shiroothol mustaqiim. Shirootholladziina an'amta 'alayhim, ghoiril maghdhuubi ' alayhim waladhdhoolliin. Aamiin.
Robbighfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memelihara alam dan seisinya, yaitu Allah, Dzat Yang Maha Menguasai di Hari Kiamat, oleh karenanya, kepada-Mu kami beribadah dan kepada-Mu kami memohon pertolongan. Tunjukanlah kami kepada jalan lurus, yaitu jalan orang – orang yang telah diberi nikmat, bukan jalan orang – orang yang dimurkai dan disesatkan. Semoga Engkau kabulkan do'a kami.

Ampunilah dosaku serta dosa kedua orang tuaku, kasihanilah keduanya sebagaimana mereka telah mengasihiku sewaktu kecil.

Alloohumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa'alaa wa shohbihii ajma'iin.

Ya Allah, semoga salam sejahtera terlimpah kepada junjungan kami Nabi Muhammad S. A. W. dan kepada keluarganya serta para sahabatnya dengan kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna.

Robbanaa taqobbal minna innaka antas-samii’uI 'aliim, watub'alaynaa innaka antat-tawwaabur-rohiim.

Ya Allah, kabulkanlah permintaan kami, karena sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat serta Maha Pengasih.

Alloohumma awshil tsawaaba maa qoro'naahu ilal ar-waahil madzkuuroh. Alloohum-maghfirlahum warhamhum wa'aafihim wa'fu anhum, wala tahrimnaa ajrohum walaa taftinnaa ba'dahurr waghfirlanaa walahum birohmatika yaa arhamar-roohimiin.

Ya Allah sampaikaniah pahala bacaan do'a yang kami lantunkan kepada para arwah yang telah disebutkan tadi.

Ya Allah, ampunilah kesalahan yang telah mereka perbuat, berilah mereka limpahan rahmat-Mu, selamatkan dan maafkanlah mereka.
Ya Allah, janganlah Engkau halangi sampainya do'a kami kepada mereka, jangan pula Engkau jadikan fitnah kepada kami sepeninggalannya mereka.
 Dan dengan berkah rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, ampunilah segala dosa kami dan dosa mereka.

Alloohummaj-'al ahlahum min ahlish-shoobiriin wasy-syaakiriina wal-'aalimiina wal 'aamilina wal'aabidiina wal khoolishiinal mukhlishiin, bijaahi sayyidil mursaliina shollalloohu 'alayhi wasallam.

Ya Allah, jadikanlah ahli warisnya termasuk golongan orang – orang yang sabar, yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat-Mu. Jadikanlah mereka orang – orang yang berilmu dan gemar beramal. Masukan mereka kepada golongan hamba-Mu yang taat beribadah dengan penuh keikhlasan sebagaimana ibadahnya seorang mukhlish dengan berkah keagungan Rosul yang utama yaitu Nabi Muhammad s.a.w.

Robbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanataw-wafil aakhiroti hasanataw-waqinaa 'adzaaban-naar. Wa-adkhilna jan-nata ma'al abroor, yaa 'aziizu yaa ghoffaaru yaa Robbal 'aalamiin.

Ya Allah, berikanlah kebajikan dan kebahagiaan kepada kami dalam kehidupan di dunia ini dan juga kelak di akhirat serta hindarkanlah kami dari ancaman siksa api neraka dan masukkanlah kami ke dalam surga-Mu beserta orang – orang yang baik, wahai Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Pengampun, Yang Mengurus alam seisinya.

Wa shollalloohu 'ala sayyidinaa Muhammadiw-wa'alaa aalihii wa shohbihii ajma'iin. Wal hamdu lillahi Robbil 'aalamiin.

Semoga rahmat dan keselamatan tercurahkan kepada pemimpin kami Nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya. Dan segala puji hanya bagi-Mu Ya Allah, Tuhan pemelihara semesta alam.



SURAT AR-RAHMAN

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim.
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi
Maha Penyayang.

1. Ar Rahmaan.
1. (Allah) Yang Maha Pemurah.

2. 'Allamal Qur-aan.
2. Telah mengajarkan Al Qur-an.

3. Khalaqal insaan.
3. Telah menciptakan manusia.

4. 'Allamahul bayaan.
4. Telah mengajarnya pandai berbicara.

5. Asy syamsu wal qamaru bi husbaan.
5. Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

6. Wan najmu wary syajaru yasjudaan.
6. Dan tumbuh-tumbuhan serta pohon-pohonan, keduanya tunduk (kepada-Nya).

7. Was samaa-a rafa'ahaa wa wadha'al miizan.
7. Langit ditinggikan-Nya dan neraca (keadilan)  diletakkan-Nya.

8. Alla tathghau fil miizaan.
8. Supaya kamu jangan melampau batas pada neraca itu.

9. Wa aqiimul wazna bil qisthi wa laa tukhsirul miizaan.
9. Dan tegakkanlah timbangan dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.

10. Wal ardha wadha'ahaa lil anaam.
10. Dan bumi diletakkan-Nya bagi makhluk.

11. Fiihaa faakihatuw wan nakhlu dzaatul akmaam.
11. Padanya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak (mayang).

12. Wal habbu dzul 'ashfi war raihaan.
12. Dan biji-bijian yang berkulit dan harum.

13. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
13. Maka nikmat Tuhanmu.yang manakah yang kamu dustakan?

14. Khalaqal insaana min shalshaalin kal fakhkhaar.
14. Dia menciptakan manusla dari tanah kering seperti tembikar.

15. Wa khalaqal jaanna mim maarijiim min naar.
15. Dan Dia menciptakan jin-jin dari nyala api.

16. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
16. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

17. Rabbul masyriqaini wa rabbul maghribain.
17. Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya.

18. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
18. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

19. Marajal bahraini yaltaqiyaan.
19. Dia mengalirkan dua laut yang keduanya bertemu.

20. Bainahumaa barzakhul laa yabghiyaan.
20. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.

21. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
21. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

22. Yakhruju minhumal lu'lu-u wal marjaan.
22. Dari keduanya keluar mutiara dan merjan.

23. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
23. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

24. Wa lahul jawaaril munsya-aatu fil bahri kal a’laam.
24. Dan bagi-Nya bahtera-bahtera yang berlayar di lautan seperti gunung-gunung.

25. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
25. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

26. Kullu man 'alaihaa faan.
26. Tiap-tiap yang ada di bumi akan binasa.

27. Wa yabqaa wajhu rabbika dzul jalaali wal ikraam.
27. Dan yang (kekal) adalah wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

28. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
28. Maka nikmat Tuhanmu yang, manakah yang kamu dustakan?

29. Yas-aluhuu man fis samaawaati wal ardhi kulla yaumin huwa fii sya'n.
29. Semua yang ada di langit dan di bumi meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam urusan.

30. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
30. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

31. Sa nafrughu lakum ayyuhats tsaqalaan.
31. Kami akan menyelesaikan urusan kamu hai kedua yang diberati (jin dan manusia).

32. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
32. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

33. Yaa ma'syaral jinni wal insi inistatha'tum an tanfudzuu min aqthaaris samaawaati wal
ardhi fanfudzuu laa tanfudzuuna illaa bi sulthaan.
33. Hai sekalian jin dan manusia. jika kamu mampu menembus (melintas) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak bisa menembusnya melainkan dengan kekuatan.


34. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

35. Yursalu 'alaikumaa syuwaazhum min naariw wa nuhaasun fa laa tantashiraan.
35. Akan dikirim kepada kamu nyala api dan asap, maka tidaklah kamu tertolong.

36. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
36. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

37. Fa idzan syaqqatis samaa-u fa kaanat wardatan kad dihaan.
37. Maka apabila langit telah terbelah, maka dia menjadi mawar merah seperti minyak (berkilauan).

38. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
38. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

39. Fa yauma-idzil laa yus-alu 'an dzambihii insuw wa laa jaann.
39. Maka pada hari itu tidak lagi ditanyakan pada manusia dan jin tentang dosanya.

40. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
40. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

41. Yu’raful mujrimuuna bisiimaahum fa yu‑ khadzu bin nawaashii wal aqdaam.
41. Orang-orang yang berdosa dikenal dengan tanda-tandanya, lalu dipegang ubun-ubun dan
kaki-kakinya.

42. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
42. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

43. Haadzihii jahannamul latii yukadzdzibu bihal mujrimuun.
43. (Dikatakan kepadanya), "Inilah jahannam yang didustakan oleh orang-orang yang berdosa”.

44. Yathuufuuna bainahaa wa baina hamiimin aan.
44. Mereka berkeliling di antaranya (neraka) dan antara air yang mendidih.

45. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
45. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

46. Wa li man khaafa maqaama rabbihii jannataan.
46. Dan bagi orang yang takut maqam (pengawasan) Tuhannya ada dua surga.

47. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
47. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

48. Dzawaataa afnaan.
48. Keduanya mempunyai aneka pohon-pohonan dan buah-buahan.

49. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
49. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

50. Fiihimaa 'ainaani tajriyaan.
50. Pada keduanya ada dua mata air yang mengalir.

51. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
51. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?

52. Fiihimaa min kulli faakihatin zaujaan.
52. Pada keduanya ada aneka buah-buahan yang berpasangan.

53. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
53. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

54. Muttaki-iina 'alaa furusyim bathaainuhaa min istabraqiw wa janal jannatainidaan.
54. Mereka bertelekan di atas permadani yang bagian dalamnya terbuat dari sutra dan buah-buahan kedua
surga itu dapat dipetik dari dekat.

55. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
55. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

56. Fiihinna qaashiraatut tharfi lam yathmitshunna insun qablahum wa laa jaann.
56. Di dalamnya ada bidadari yang menundukkan pandangannya yang belum pernah disentuh manusia
dan jin sebelumnya.

57. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
57. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

58. Ka annahunnal yaaquutu wal marjaan.
58. Mereka laksana permata yaqut dan merjan.

59. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
59. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

60. Hal jazaa-ul ihsaani ilial ihsaan.
60. Tiadalah balasan kebaikan itu melainkan kebaikan (pula).

61. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
61. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?


62. Wa min duunihimaa jannataan.
62. Dan selain dari dua surga itu ada (lagi) dua surga.

63. Fit bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
63. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

64. Mud-haammataan.
64. Keduanya hijau daun-daunnya.

65. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
65. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?


66. Fiihimaa 'ainaani nadhdhaakhataan.
66. Padanya ada dua mata air yang memancar.

67. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
67. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

68. Fiihimaa faakihatuw wa nakhluw warummaan.
68. Padanya ada buah-buahan, kurma dan delima.

69. Fa bi ayyi aallaa-i rabbikuma tukadzdzibaan.
69. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

70. Fiihinna khairaatun hisaan.
70. Di dalamnya ada bidadari-bidadari yang baik dan jelita.

71. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
71. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

72. Huurum maqshuuraatun fil khiyaam.
72. Yaitu bidadari yang dipingit dalam mahligai.

73. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
73. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

74. Lam yathmits-hunna insun qablahum walaa jaann.
74. Mereka belum pernah disentuh manusia dan jin sebelumnya.

75. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
75. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

76. Muttaki-iina 'aalaa rafrafin khudhriw wa'abqariyyin hisaan.
76. Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.

77. Fa bi ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaan.
77. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

78. Tabaarakasmu rabbika dzil jalaali wal ikraam.
78. Maha Berkat Nama Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.


DO'A SETELAH BELAJAR DAN
MEMBACA AL-QUR'AN

Artinya: "Ya Allah, curahkan kasih sayang-Mu kepada kami, melalui keutamaan Al-Qur’an dan jadikanlah bagi kami panutan atau penuntun utama, sebagai cahaya penerang kegelapan petunjuk menuju sejahtera serta rahmat dalam segalanya."

Artinya: ”Ya Allah, ingatkan kami dari kehilapan kami akan ayat-ayat Al-Qur'an, dan ajarilah kami ayat - ayat Al-Qur'an yang belum kami ketahui, berilah kami karunia / kemampuan dan keinginan untuk membacanya ditengah kegelapan malam serta jadikanlah Al-Qur'an ini bagi kami sebagai pedoman hidup. Wahal Allah, Tuhan semesta alam.


DOA SEPASANG INSAN

Ya Allah...
Engakulah pemilik cinta, kasih dan sayang.
Naungilah kami dengan cinta, kasih dan sayang-Mu.
Jadikanlah pernikahan ini sebagai langkah terbaik bagi kami.
Jadikanlah pernikahan kami sebagai jalan yang penuh berkah. Berkah bagi kami, orang tua kami, keluarga kami dan sekeliling kami.
Bahkan berkah untuk keturunan kami.

Ya Allah...
Jaga dan panjangkanlah segala kebaikan di antara kami. Tampakkanlah setiap kebaikan yang belum tampak di antara kami.
Jadikanlah kami senantiasa bersyukur atas segala kebaikan-Mu.

Ya Allah...
Hapuskanlah segala keburukan yang ada di antara kami. Lindungilah kami dari segala keburukan di sekeliling kami. Ubahlah semua keburukan itu menjadi kebaikan kami.
Tetap sembunyikanlah keburukan yang masih tersembunyi di antara kami dan kepada kami.
Selama itu semua baik bagi kami.

Ya Allah...
Berikanlah petunjuk dan kekuatan kepada kami untuk saling menuntun menuju Surga-Mu.
Berikanlah petunjuk dan kekuatan kepada kami untuk saling menjaga dari siksa Neraka-Mu.
Jadikanlah kami sebagai pasangan yang tetap bahagia bersama di dunia dan akhirat-Mu.

Ya Allah...
Andai Engkau percayakan keturunan kepada kami.
Berikanlah keturunan yang berkah untuk hidupnya dan kami semua.
Berikanlah keturunan yang mudah kami tuntun dan menuntun kami menuju bahagia dan Ridho-Mu
Berikanlah keturunan yang mudah kami jaga dan menjaga kami dari setiap siksa akhirat dan dunia-Mu.
Berikanlah keturunan yang sempurna dan sehat rohani serta jasmaninya.

Ya Allah...
Dengan Ridho-Mu kami ingin menikah.
Dengan Rahmat dan Penerimaan-Mu kami ingin beribadah. Dengan berkah-Mu kami ingin melangkah.
Dengan Lindungan Kasih sayang-Mu kami ingin bersama menghadapi senang dan susah.

Ya Allah...
Perkenankan dan kabulkanlah doa kami.
La haula wala quwwata illa Billah
Walhamdulillahhirabbilalamiin.


Semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya .......



















6 comments:

  1. terima kasih 'sinoewoen' atas artikelnya yang penuh manfaat.
    salam
    turmudi

    ReplyDelete
  2. saat adikku akan menikah ada satu doa yg harus dibaca adik didepan pengajian.
    biasanya doa yang mana yah? terimakasih

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah terima kasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Trus..arti ya Robbana ya dzal Kirom nya mana?

    ReplyDelete
  5. Aku cari2 ya Robbana ya Dzal Kirom mana?

    ReplyDelete